Ketahui 5 Alasan Malaysia Menjadi Destinasi Wisata Medis Terbaik di Dunia, Pasien Terbanyak Dari Indonesia

Kota Penang salah satu tujuan terbaik Wisata Medis di Malaysia (source : doc rameliavitra)


Diklaim sebagai negara tujuan medis pertama di Asia Tenggara, Malaysia memang dikenal memiliki banyak pilihan jenis wisata mulai dari wisata alam, kota, budaya, kuliner, hingga menjadi destinasi wisata medis terbaik di dunia dengan pasien terbanyak dari Indonesia.


Wisata Medis atau dikenal dengan istilah Medical Tourism di Malaysia sejak tahun 2015 sedang meningkat dan berkembang pesat hingga saat ini. Dari data yang diinformasikan 80% atau sekitar 900 ribu dari 1,2 juta wisatawan medis berasal dari warga negara Indonesia (WNI). 


Source : instagram @medtourismmy.id


Apa saja alasan yang menjadikan Malaysia sebagai negara tujuan favorit untuk Wisata Medis, berikut lima alasannya :


1. Biaya Terjangkau (value for money)


Tidak dipungkiri biaya adalah faktor utama dalam mempertimbangkan pilihan pengobatan. Malaysia menawarkan pelayanan medis berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau.


Biaya pengobatan di Malaysia cenderung lebih hemat 50% sampai dengan 80% dibanding negara Eropa, Amerika, bahkan Indonesia.


Alasan biaya berobat di Malaysia lebih terjangkau karena Malaysia mendapatkan bantuan biaya pengobatan dari pemerintah. Untuk pasien luar negeri seperti pasien dari Indonesia tetap dibebankan biaya yang sama seperti pasien dalam negeri (tidak ada biaya tambahan lainnya).


Source : instagram @medtourismmy.id



2. Sejak Tahun 2015 Malaysia Berturut-turut Dinobatkan Sebagai Wisata Medis Terbaik Di Dunia


Mempunyai julukan The World's Healthcare Marvel, Malaysia dinobatkan sebagai Best Country in the world for Healthcare dari tahun 2015 hingga 2019 oleh Majalah Amerika International Living.


Selain itu tahun 2015 sampai dengan 2017 Malaysia juga mendapat penghargaan Destination of The Year for Medical Tourism berdasarkan kualitas, kemudahan akses, keterjangkauan harga oleh International Medical Travel Journal lembaga asal Inggris.


Source : instagram @medtourismmy.id


3. Fasilitas Kesehatan Kelas Dunia dan Pilihan Rumah Sakit Yang Berkualitas


Rumah sakit maupun Dokter di Malaysia membangun reputasi pelayanan yang profesional. Misalnya Dokter di Malaysia bekerja full time di satu rumah sakit saja, jadi jadwal dokter lebih jelas dan hadir/selesai tepat waktu.


Selain itu dokter juga tidak disponsori oleh perusahaan farmasi jadi dokter tidak akan menawarkan obat atau test yang tidak diperlukan oleh pasien.


Alat dan teknologi yang tersedia juga sudah modern dan berkualitas sehingga banyak kasus berat dapat ditangani dengan baik. Ruang operasi juga banyak tersedia untuk meminimalisir daftar tunggu. 


Source : instagram @medtourismmy.id

4. Memanjakan Pasien dan Kemudahan Pendamping Pasien


Tidak hanya disitu saja Malaysia pun memberikan pelayanan end-to-end bebas hambatan bagi wisatawan medis sejak kedatangan hingga kepulangan ke negara asal.


Malaysia Healthcare Lounge yang bertempat di Kuala Lumpur International Airport (KLIA), KLIA2 dan Penang International Airport menyediakan layanan penjemputan gratis, jalur cepat melewati imigrasi dan bea cukai dan bantuan pengambilan bagasi.


Terdapat juga diskon hotel yang bekerjasama dengan Rumah Sakit setempat dan layanan bantuan pengurusan visa jika berobat lebih dari 30 hari.


Layanan penerjemahan juga disediakan sesuai permintaan pasien, namun tidak perlu mahir berbahasa inggris untuk berobat ke Malaysia karena dokter dan staff Rumah Sakit Malaysia mahir berbahasa melayu.


Selain itu Rumah Sakit di Malaysia juga muslim friendly dengan menghadirkan konsep pelayanan halal mulai dari makanan, tempat ibadah dan juga obat-obatan.


Source : instagram @malaysiahealtcare

5. Banyak Destinasi Wisata Menarik di Malaysia


Saat ini wisata medis mulai menjadi trend baru terutama dikalangan anak muda. Biasanya anak muda melakukan kunjungan wisata medis untuk medical check-up sekaligus plesiran ke tempat wisata di Malaysia.


Spot Foto Menarik di George Town Penang Malaysia (source : instagram @rameliavitra)

Adapun kota-kota di Malaysia yang menjadi tujuan terbaik untuk wisata Medis adalah Kuala Lumpur, Penang, dan Johor.


Contohnya di Kota Penang yang memilki luas wilayah yang kecil namun memilki enam Rumah Sakit unggulan dengan fasilitas yang mumpuni. Selain itu Penang juga mempunyai banyak tempat wisata yang menarik seperti Kek Lok Si Temple, George Town, dan yang terbaru adalah Pulau Jerejak.


Pulau Jerejak destinasi wisata Penang Malaysia (source : instagram @rameliavitra)

Siapa yang ingin Wisata Medis GRATIS ke Malaysia? Caranya sangat mudah, simak informasi di bawah ini.


Malaysia Healthcare bersama Tourism Malaysia dan komunitas Indonesia di Malaysia sedang mengadakan Video Competition yang berhadiah gratis wisata medis ke Malaysia, Camera Mirrorles, dan gadget menarik lainnya bagi 5 orang pemenang.




Konsepnya kamu tinggal menceritakan dan mempromosikan wisata Malaysia dengan tema RINDU MALAYSIA dalam bentuk video atau vlogging kemudian upload ke youtube dan sosial media.


Syarat & Ketentuan Video Competition :

1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia ataupun Malaysia

2. Konten DILARANG mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan) kampanye politik, serta pesan negatif dan menyerang kelompok tertentu

3. Konten boleh berbentuk VIDEO ataupun VLOGGING (video harus disertakan dengan penjelasan)

4. Konten wajib berbahasa Indonesia

5. Durasivideo 2-3 menit

6. Konten WAJIB menggabungkan 2 tema (PARIWISATA MALAYSIA & WISATA MEDIS)

- PARIWISATA MALAYSIA

Contoh : wisata Kuliner, wisata sejarah, wisata budaya, wisata kota dll)

- WISATA MEDIS

Pengalaman melakukan perawatan di Malaysia, tips atau cara berobat di Malaysia (Jika pernah melakukan perawatan di Malaysia)

- Funfact Malaysia Healthcare

Contoh : 5 alasan berobat di Malaysia, fasilitas, teknologi, harga terjangkau, bahasa dan budaya yang hampir sama, layanan informasi dari Malaysia Healthcare, dll


Mekanisme :

1. Peserta WAJIB follow akun Instagram @medtourismmy.id @berjayahotelsresorts dan akun Instagram peserta tidak di private

2. Video WAJIB diupload ke akun YouTube peserta, kemudian share video di akun Instagram (feed/IG TV) dan tag serta  mention @medtourismmy.id

3. Tulis Judul video di akun YouTube & Instagram peserta dan gunakan hashtag #Liburansehat #RinduMalaysia

- Contoh : 5 Fakta Malaysia dan Medical Checkup di Penang #Liburansehat #RinduMalaysia

4. Ajak teman/followers kamu untuk like video yang kamu unggah di Youtube & Instagram

5Periode campaign dari tanggal 5 November 2020 sampai 10 Desember 2020

12. Semua video yang masuk menjadi milik panitia

13. Keputusan dewan juri dan panitia tidak dapat diganggu gugat


Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa juga kunjungi website www.medicaltourismmalaysia.id dan follow akun instagram @medtourismmy.id.


Yuk segera ikutan, kapan lagi bisa liburan sehat ke Malaysia gratis! Wish you luck! #MalaysiaHealthcare #LiburanSehat #RinduMalaysia


Komentar

Postingan Populer